Home » Pelaksanaan KIE

Pelaksanaan KIE

Definisi

Merupakan kegiatan pelaksanaan promosi, sosialisasi Program Bangga Kencana yang disampaikan oleh kader PPKBD/Sub PPKBD dan/atau Tenaga Lini Lapangan melalui pelayanan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) kepada sasaran langsung yaitu keluarga dan masyarakat di wilayah desa/kelurahan, kader PPKBD/Sub PPKBD di wilayah desa/kelurahan setempat.


Rincian Kegiatan

Operasional Pelaksanaan KIE Program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting oleh Kader KB (PPKBD dan Sub PPKBD) dan/atau Tenaga Lini Lapangan dapat dilakukan kunjungan langsung kepada keluarga, masyarakat, kelompok kegiatan, maupun dalam pertemuan lainnya.


Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan adalah keluarga termasuk remaja, calon pengantin/calon pasangan usia subur, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, ibu menyusui, keluarga yang memiliki anak usia 0 – 59 bulan, lansia dan anggota kelompok kegiatan/Poktan (BKB, BKR, BKL, PIK R, dan UPPKA).


Lingkup Pembiayaan

Lingkup pembiayaan operasional pelaksanaan KIE oleh Kader (PPKBD dan Sub PPKBD) dan/atau Tenaga Lini Lapangan di wilayah kerjanya adalah biaya operasional untuk dukungan pelaksanaan promosi, KIE, penggerakan, pembinaan, pencatatan dan pelaporan/pemutakhiran data keluarga serta lainnya yang dilakukan oleh Kader (PPKBD/Sub PPKBD) minimal 10 (sepuluh) kali dalam setahun


Output

  1. Meningkatnya kesertaan ber-KB;
  2. Meningkatnya pastisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan/Poktan BKB, BKR, BKL, PIK-R dan UPPKA; dan
  3. Meningkatnya partisipasi anggota keluarga untuk memeriksakan kesehatannya di Posyandu dan/atau fasilitas pelayanan Kesehatan.