Home ยป Ketahanan Keluarga

Ketahanan Keluarga

Definisi

Biaya operasional ketahanan keluarga berbasis kelompok kegiatan adalah biaya untuk pelaksanaan kegiatan di poktan Program Bangga Kencana dalam upaya peningkatan ketahanan keluarga dan percepatan capaian program prioritas nasional.


Rincian Kegiatan

Kegiatan berupa orientasi teknis, diskusi, tanya jawab, sosialisasi dan seterusnya yang berdampak kepada peningkatan ketahanan keluarga. Orientasi teknis Ketahanan Keluarga Berbasis Poktan adalah kegiatan yang bertujuan memberikan informasi pemahaman dan ketrampilan kepada peserta kegiatan dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga. Operasional ketahanan keluarga dilakukan minimal 10 (sepuluh) kali selama 1 (satu) tahun dengan topik pembahasan yang disesuaikan pada kondisi dan kebutuhan di Kampung KB. Berikut tema yang dapat dipilih dan dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas berbasis poktan Program Bangga Kencana:

  1. Pengelolaan Dapur Sehat Atasi Stunting;
  2. Kebutuhan dan kecukupan gizi, pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak;
  3. Pemberian pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan dan pembinaan remaja;
  4. Penyiapan diri remaja untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, berkualitas dalam upaya penyiapan perencanaan kehidupan berkeluarga dan generasi berkualitas;
  5. Kelompok BKL mendapatkan fasilitasi dan pembinaan pelayanan ramah lansia melalui tujuh dimensi lansia tangguh dan pendampingan perawatan jangka Panjang (PJP);
  6. Pembinaan pemberdayaan ekonomi keluarga dalam upaya perwujudan kemandirian ekonomi;
  7. Orientasi pengelolaan Rumah Data;
  8. Edukasi kependudukan di tingkat desa/kelurahan;
  9. Penguatan KIE dan pembinaan kesertaan KB pria melalui kelompok dan motivator KB Pria; dan
  10. KIE pemberdayaan dan perlindungan keluarga.

Sasaran Kegiatan

  1. Keluarga yang mempunyai balita;
  2. Ibu hamil dan menyusui;
  3. Keluarga yang mempunyai remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah;
  4. Remaja dengan usia 10-24 tahun yang belum menikah;
  5. Lansia dan Keluarga yang mempunyai lansia;
  6. Kelompok KB dan motivator pengguna kontrasepsi;
  7. Kader
  8. Penyuluh KB/PLKB
  9. Pengeloa DASHAT

Lingkup Pembiayaan

Pembiayaan operasional ketahanan keluarga berbasis kelompok kegiatan diberikan dalam bentuk biaya penunjang pelaksanaan kegiatan berbasis poktan, konsumsi dan atau transportasi pada pelaksanaan kegiatan secara tatap muka. Apabila kegiatan dilakukan secara virtual pembiayaan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.


Output

Meningkatnya partisipasi keluarga atau anggota keluarga yang merupakan sasaran Program Bangga Kencana dalam kegiatan poktan.