Home ยป IUD

IUD

Definisi

Operasional penggerakan pelayanan KB IUD adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Tenaga Lini Lapangan kepada calon peserta KB ataupun peserta KB agar bersedia datang ke tempat pelayanan KB serta mendapat pelayanan IUD.


Rincian Kegiatan

Pemberian pelayanan pemasangan IUD oleh dokter/bidan kompeten.


Sasaran Kegiatan

Pasangan usia subur yang membutuhkan pelayanan KB IUD.


Lingkup Pembiayaan

Pembiayaan dana BOKB Penggerakan Pelayanan KB IUD terdiri dari:

  1. Biaya Layanan Penggerakan KB IUD
  2. Biaya layanan penggerakan KB IUD tidak boleh melebihi harga satuan yang ditetapkan, yaitu sebesar Rp. 329.000,-

    Biaya layanan penggerakan KB IUD merupakan komponen yang terdiri dari Biaya Medis dan pembiayaan lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing kabupaten dan kota. Biaya Medis diberikan kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik pemerintah atau swasta atau TPMB atau tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan IUD sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) per peserta KB sesuai standar biaya non kapitasi pelayanan KB pada BPJS kesehatan.

    Komponen Pembiayaan lainnya yang dapat dipilih pada biaya layanan penggerakan IUD terdiri dari:

    1. Belanja makan dan minum (konsumsi) untuk calon peserta KB atau peserta KB, petugas pendukung kegiatan pelayanan, dan/atau Tenaga Lini Lapangan;
    2. Biaya transportasi dapat diberikan untuk:
      • Calon peserta KB atau peserta KB yang datang ke fasilitas pelayanan kesehatan; dan/atau
      • Petugas pendukung kegiatan pelayanan dan/atau Tenaga Lini Lapangan yang melakukan penggerakan dan membawa akseptor ke fasilitas pelayanan kesehatan.
    3. Biaya Penyediaan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) diperuntukkan untuk menyediakan BMHP yang dibutuhkan dalam pelayanan KB IUD;
    4. Biaya Alat Pelindung Diri (APD) Biaya penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) diperuntukkan kepada provider yang memberikan pelayanan KB IUD. Penyediaan APD disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Biaya Dukungan Pelayanan KB IUD
  4. Biaya Dukungan Pelayanan KB IUD dapat disediakan dari biaya layanan penggerakan KB IUD yang tidak digunakan. Dukungan pelayanan KB IUD yang dapat disediakan adalah hal-hal lain yang diperlukan dalam pelayanan IUD, contoh: laboratorium pemeriksaan tes kehamilan/test pack. Penyediaan dukungan pelayanan IUD menggunakan dana yang tersedia dan tidak dimanfaatkan serta disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Output

Peserta KB IUD.